Bahan-Bahan Pengganti Vetsin | Catering Sehat Tanpa Vetsin di Jakarta

Suatu kali ada seseorang yang menanyakan kepada Dpawon Catering, "apakah benar Dpawon Catering benar-benar tidak menggunakan Vetsin pada seluruh masakan Dpawon Catering? Ataukah Dpawon Catering hanya menulis tidak menggunakan Vetsin dan mempromosikannya secara terus menerus di Web Dpawon Catering tapi tetap mencampurkannya seperti Jasa Catering lainnya?".

Mendengar hal ini awalnya saya sangat berang. Namun dengan cepat saya mengontrol diri dan segera saya bantah dan saya sangkal pertanyaan tersebut.

Perlu kami tegaskan dan perlu kami garis bawahi bahwa kami tidak menggunakan Vetsin sama sekali.

Kami telah mempunyai komitmen dan tetap konsisten untuk tidak menggunakan Vetsin pada seluruh masakan kami (terkecuali untuk Special Order dimana pemesan memang menghendaki kami untuk mencampurkan Vetsin pada pesanannya, semisal untuk prasmanan dan lain sebagainya).

"Mohon Jangan samakan Dpawon Catering dengan Catering lainnya yang hanya berpromosi tidak menggunakan Vetsin namun tetap menggunakannya pada masakan olahannya!" demikian ujar saya waktu itu.

Lantas timbul pertanyaan kembali, "Bagaimana cara Dpawon Catering menyedapkan masakannya bila tanpa menggunakan Vetsin?"

Awalnya saya segan menjawab pertanyaan tersebut, "Buang-buang waktu saya saja..." Batin saya, dan dalam hati saya langsung bertanya-tanya, "Jangan-Jangan penelepon ini dari Jasa Catering lain?"

Namun dengan penuh rasa hormat saya tetap melayani pertanyaan demi pertanyaan dan saya jawab dengan segenap hati.

Benar saja dugaan saya! diujung pembicaraan penelepon tadi tidak memesan paket apapun dengan dalih "Saya konfirmasi dulu dengan keluarga saya, nanti saya hubungi kembali" begitu katanya.

Penelepon semacam ini sering saya jumpai selama saya bekerja sebagai Tenaga Marketing di Dpawon Catering. Umumnya sih dari Jasa Catering lain hanya sekedar membandingkan harga, minta daftar menu atau minta Test Food sebagai bahan perbandingan dengan Catering yang mereka kelola.

Perbuatan semacam ini tidak pernah kami lakukan dan sangat dilarang oleh Bu Totok Sarsito sebagai pemilik Dpawon Catering. Menurut Bu Totok Sarsito, Dpawon Catering tidak perlu mencontoh Jasa Catering lain. Bu Totok Sarsito lebih menekankan perbaikan layanan jasa secara Internal tanpa harus membandingkan dengan Jasa Catering lainnya. Hal lain yang sering Bu Totok Sarsito tekankan kepada seluruh karyawan Dpawon Catering adalah konsistensi dalam menjaga komitmen Dpawon Catering untuk selalu memberikan layanan jasa dengan sebaik mungkin.

Rahasia di Balik Kelezatan Masakan Dpawon Catering

Awalnya kami tetap merahasiakan trik menyedapkan masakan kami tersebut dari siapapun. Namun setelah banyaknya pertanyaan mengenai hal tersebut maka mulai saat ini kami mencoba membagikan rahasia dapur kami tersebut kepada Anda.

Tulisan ini kami hadirkan sekaligus untuk menyangkal dan untuk mementahkan anggapan siapapun yang menilai kami tetap mencampurkan Vetsin pada masakan kami sebagaimana Jasa Catering lainnya.

Untuk menyedapkan masakan, Kami banyak belajar dari para juru masak tradisional yang makanannya pernah kami cicipi dan tempatnya pernah kami sambangi.

Sebagai contoh, ketika kami melakukan perjalanan ke Jawa Tengah, di tengah perjalanan kami berhenti di sebuah warung yang menjual Tahu Gimbal.

Di Warung Makan kecil tersebut kami memesan beberapa porsi Tahu Gimbal.

Saat si penjual menyiapkan bumbu, beberapa dari kami memperhatikan dengan seksama bagaimana si penjual membuat bumbu Tahu Gimbal tersebut.

Dengan sangat cekatan Si Penjual meletakkan beberapa buah Cabai Rawit dan Cabai Merah, Bawang Putih dan Garam dan kemudian menghaluskannya dengan menggunakan sebuah cobek dari batu (hal ini yang di kemudian hari mengilhami kami untuk menggunakan Cobek sebagai Ikon kami).

Lalu si penjual menambahkan kacang goreng dan menghaluskannya sebagaimana bumbu yang terdahulu.

Setelah itu si penjual menambahkan gula merah, sedikit kecap manis dan beberapa sendok larutan Asam Jawa ke bumbu yang telah dihaluskan tadi dan menghaluskannya sekali lagi.

Setelah bumbu tersebut halus, si penjual memotong beberapa buah tahu Goreng, tempe goreng, Gimbal udang, kol dan mentimun. Setelah semua bahan tersebut terpotong di piring si penjual kemudian menyiramkan bumbu kacang di atasnya.

Sebelum menghidangkannya kepada kami, si penjual tersebut menaburkan beberapa buah kerupuk dan Bawang Goreng di atasnya.

Saat tiba di meja kami, kami pun segera melahapnya dan mencoba menilai dengan seksama rasa dari Tahu Gimbal tersebut.

Saya mencomot sebuah tahu yang kebetulan tidak tersiram bumbu, rasanya datar tak ada rasa asin sama sekali, yang ada hanya rasa gurih tahu putih goreng tanpa bumbu, Berarti tahu tersebut digoreng tidak menggunakan bumbu sama sekali.

Demikian pula dengan tempe yang belum tersiram bumbu, yang ada hanya rasa gurih fermentasi kedelai yang telah digoreng, tak ada rasa asin atau rasa lainnya, berarti sama halnya dengan tahu tadi tempe ini juga digoreng tanpa bumbu sama sekali tentunya.

Namun ketika menikmati bagian lainnya yang telah tersiram bumbu kami mendapatkan sensasi rasa yang sungguh berbeda dari biasanya. Rasa gurihnya akan semakin lekat di mulut setelah sekian lama kami mengunyahnya.

Lho kok bisa? Kenapa Tahu Gimbal yang kami santap rasanya bisa sebegitu lezat sementara si penjual tidak menggunakan Vetsin sama sekali?

Ternyata Tahu, Tempe, Kacang dan Udang sangat kaya akan Protein Hewani dan Protein Nabati. Dari Protein tersebut akan terbentuk Asam Amino setelah kita mengunyahnya. Asam Amino tersebut akan menghasilkan Asam Glutamat setelah bercampur dengan enzim-enzim pencernaan di mulut setelah mengalami proses pengunyahan beberapa saat.

Asam Glutamat ini akan tertangkap oleh lidah dan akan mengirimkan sinyal rasa yang tertangkap melalui reseptor-reseptor khusus yang ada di dalam mulut secara lebih kuat.

Secara otomatis rasa gurih, rasa manis, rasa pedas, rasa asin dan rasa asam yang ada dan tertangkap oleh reseptor-reseptor tersebut akan semakin kuat dirasakan oleh lidah dan akan diterjemahkan oleh otak sebagai sebuah kesatuan dan kelengkapan rasa yang menyatu. Kesatuan rasa inilah yang diterjemahkan oleh otak sebagai rasa lezat.

Proses ini mirip dengan proses kerja Vetsin (MSG) yang berfungsi untuk menguatkan rasa yang telah ada. Bedanya, Asam Glutamat yang dihasilakan pada proses pengunyahan di dalam mulut butuh waktu beberapa saat dan bahan yang digunakan adalah bahan alami (Tahu, Tempe, Kacang dan Udang) sedangkan Vetsin sifatnya lebih cepat dan merupakan hasil dari senyawa kimiawi sintesis.

Tentu yang alami akan lebih mudah diurikan kembali oleh tubuh. Oleh karena itulah rasa Lezat yang dihasilakan akan lebih cepat hilang (karena ternetralisir kembali oleh tubuh).

Hal ini sangat berbeda sama sekali dengan rasa lezat yang dihasilkan oleh penggunaan Vetsin pada makanan. Rasa lezat yang dihasilkan oleh Vetsin akan terasa lebih lama dan lebih lekat karena adanya penumpukan senyawa kimiawi di sela-sela syaraf reseptor di dalam otak (hal ini akan ternetralisir setelah beberapa jam setelah konsumsi).

Tak hanya itu, kami juga terilhami oleh para juru masak dari masakan padang yang menguatkan rasa dengan menambahkan beberapa rempah-rempah dan sayuran tertentu yang kaya akan Protein Nabati pada masakan mereka.

Berbeda lagi di negara Eropa, orang-orang di sana menggunakan campuran saus tomat, keju, mayonaise, susu, yoghurt, kacang-kacangan, jagung, kaldu sapi, kaldu ayam dan lain sebagainya untuk menyedapkan rasa masakan mereka.

Daftar Bahan-Bahan Pengganti Vetsin

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat Anda campurkan untuk menggantikan Vetsin sebagai penyedap rasa pada masakan Anda.

  1. Kaldu Sapi
  2. Kaldu Ayam
  3. Udang / Udang Goreng / Halusan Daging Udang
  4. Tahu
  5. Tempe / Tempe Semangit (Tempe semangit mampu menebalkan rasa tumisan atau sayur bersantan)
  6. Tempe Gembus (hasil fermentasi ampas tahu dengan ragi tempe, berwarna putih dan bertekstur kenyal. Biasanya dicampurkan ke dalam tumisan.)
  7. Rebon (sejenis udang kecil. Rebon yang digoreng kering juga dapat menggantikan Terasi saat membuat sambal kering.)
  8. Susu
  9. Mayonaise
  10. Yoghurt
  11. Kedelai / Susu Kedelai
  12. Jagung / Putren (Jagung Muda)
  13. Ebi (Udang Kecil) / Ebi Kering yang telah dihaluskan
  14. Kacang Tanah / Selai Kacang / Kacang Goreng
  15. Tomat / Saus Tomat (Tomat juga salah satu jenis buah sayur yang sangat kaya akan Asam Glutamat alami.)
  16. Kacang-Kacangan
  17. Mentega / Margarine
  18. Keju / Parutan Keju / Keju Bubuk (dapat Anda campurkan ke dalam sayuran kering seperti Salad atau Tumisan.)
  19. Beberapa Jenis Rumput Laut
  20. Beberapa Jenis Jamur
  21. Beberapa jenis Batang-batangan dari Tumbuhan Rhyzoma seperti Ginseng, Jahe, Kunyit, Lengkuas dan lain sebagainya.
  22. Kerang, Cumi, Ikan dan bahan-bahan Sea Food lainnya.
Note:
  • Jika Anda menggunakan bahan Protein Hewani sebagai penyedap rasa, Anda dapat menambahkan Jahe, Kemiri dan Ketumbar yang telah disangrai pada bumbu masakan Anda.
  • Kurangilah memasak daging-dagingan dengan cara dibakar, digoreng atau dipanggang. Asam Gliserat yang dihasilkan pada proses pengolahan makanan semacam ini dapat memperbesar potensi terkena kolesterol tinggi, memperbesar potensi serangan kanker dan beragam pengaruh buruk terhadap kesehatan lainnya.
  • Seimbangkanlah kandungan Lemak Hewani, Lemak Nabati, Protein Hewani, Protein Nabati, Serat, Zat Hijau Daun, beragam Mineral Alami, Vitamin A, Vitamin B1 – B12, Vitamin C, Vitamin E dan Karbohidrat dalam komposisi yang tepat dalam menyusun menu sehari-hari Anda.

Selain menyediakan Sehat Tanpa Vetsin, Dpawon Catering juga menyediakan berbagai layanan Catering Jakarta lainnya, seperti catering makan siang karyawan kantor, nasi kotak, catering prasmanan, aneka menu gubukan, coffee break, nasi tumpeng, catering buka puasa dan juga sewa alat catering. Jasa Catering Jakarta ini menjangkau seluruh daerah Jakarta dan sekitarnya, dari Jakarta Barat sampai Jakarta Selatan, Jakarta Pusat hingga Jakarta Utara, serta Jakarta Timur dan sekitarnya. Termasuk daerah Bogor, Depok, Tangerang dan juga Bekasi!

Jasa Catering Jakarta, Catering Bogor, Catering Depok, Catering Tangerang dan Catering Bekasi disediakan oleh Dpawon Catering.

Selain menerima pesanan nasi kotak, snack box, coffee break, catering prasmanan, menu gubukan, nasi tumpeng, nasi bungkus, catering buka puasa, catering aqiqah dan catering pernikahan, Dpawon Catering juga siap melayani catering pabrik, catering kantor, catering rantangan dan jasa sewa alat catering.

Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi website resmi Dpawon Catering:

Official Site

www.dpawoncatering.com

Get More Info

  1. https://dpawoncatering.blogspot.com/
  2. https://dpawon-catering.blogspot.com/

Untuk informasi lebih rinci tentang layanan Catering Jakarta dari Dpawon Catering, silakan langsung menghubungi:

  1. (021) 543-93-243
  2. 082113193570
  3. dpawoncatering@gmail.com

Address

Jl. Jati Raya No.23 Kapuk, Cengkareng,
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11730

Office Hour

MONDAY – FRIDAY 08:00 – 20:00
SATURDAY 09:00 – 18:00
SUNDAY 09:00 – 17:00

Jasa Sewa Alat Catering

Untuk Anda penyedia jasa catering di Jakarta dan sekitarnya, termasuk untuk Anda yang memiliki usaha catering di Depok, Bogor, Bekasi, dan juga usaha catering di Tangerang, terutama untuk restoran, hotel, kedai makanan, dan juga jasa catering, jika Anda ingin sewa alat catering atau hanya membutuhkan tambahan beberapa peralatan prasmanan atau peralatan makan saja, sekarang Anda tidak perlu Bingung cari tempat sewa alat catering lagi, sebab kini Anda dapat menyewa peralatan yang Anda butuhkan tersebut di Dpawon Catering!

Selain menyediakan layanan Catering Jakarta berupa catering prasmanan, coffee break, nasi kotak, menu gubukan, dan catering buka puasa, sekarang ini Dpawon Catering juga menyediakan jasa sewa alat catering daerah Jakarta dan sekitarnya, termasuk untuk jasa sewa alat catering untuk pengiriman daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan juga Bekasi.

Semua peralatan yang Dpawon Catering sediakan dijamin berkualitas dan dalam kondisi baik, sehingga Anda tidak akan merasa ragu untuk menggunakannya. Kalau Anda sewa alat catering di Dpawon Catering, makanan yang Anda sediakan akan terlihat lebih elegan dan mewah, sehingga pelanggan Anda akan merasa puas dan senang dengan tampilan makanan yang Anda sajikan.

Peralatan yang disewakan tersebut antara lain seperti meja saji/buffet display table (120cm×60cm), meja bundar/round table (⚪120cm), table runner (200cm×30cm), table skirting (4 meter), taplak meja/tablecloth, pondokan/gubukan/stalls, pemanas masakan besar/roll top chafing dish (8¼liter/square), pemanas masakan sedang/roll top chafing dish (6½liter), pemanas masakan kecil/roll top chafing dish (4liter), pemanas soup/soup tureen, piring makan/sandwich/dinner plate flat (⚪11inch/25cm), lunch plate flat (⚪9inch/20cm), piring makan/starter plate (⚪8inch/20cm), piring kue/side plate (⚪6½inch/16cm), piring kecil/b & b plate (⚪6¼inch/15cm), display plate, snack plate, sendok teh/tea/coffee spoon, dessert bowl (6½inch/16cm), mangkuk zuppa soup/soup bowl (handled 6inch/15cm), pemanas zuppa soup/electric soup tureen (10liter), sendok soup/soup spoon, sendok makan/dinner spoon, garpu makan/dinner fork, pisau makan/dinner knife, garpu/dessert fork, pisau/dessert knife, sendok/dessert spoon, gelas minum/tumbler hi ball glass/highball glass (240ml), gelas minuman/cocktails/mixed drinks glass, tea/coffee saucer, electric tea/coffee decanter, tabung pemanas air/electric water boiler/hot coffee dispencer/coffeemaker, cangkir kopi/tea/coffee cup 200ml, dan juice dispencer.

Saat ini selain melayani pesanan Catering Jakarta dan sekitarnya dengan menyediakan catering buka puasa, nasi kotak, coffee break, catering prasmanan, nasi tumpeng, dan aneka menu gubukan, Dpawon Catering juga melayani jasa sewa alat catering untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, dari Jakarta Barat sampai Jakarta Pusat, Jakarta Timur hingga Jakarta Selatan, juga Jakarta Utara dan sekitarnya. Termasuk jasa sewa alat catering di daerah Depok, Tangerang, Bogor, dan juga Bekasi.

Untuk informasi lebih detail tentang daftar peralatan yang bisa Anda sewa, harga sewa untuk masing-masing peralatan yang disediakan oleh Dpawon Catering, atau lokasi pengiriman di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan juga Bekasi yang bisa Dpawon Catering layani, silakan kunjungi:

https://www.dpawoncatering.com/rental/daftar-harga-sewa-rental-peralatan-catering-dan-peralatan-pesta/

Untuk lebih jelasnya, silakan hubungi bagian persewaan alat catering:

+62 8777-591-8956 (Ipung)

Dpawon Catering ,

Edit This